Mr Big Semakin Sehat dengan Bloodworm (Kura-kura part-3)

Kura-kura Brazil sehat makan dengan Bloodworm atau cacing beku

Mr Big Semakin Sehat dengan Bloodworm

Setelah aku dan anak anak kehilangan Zidah dua yang mati karena gangguan saluran pernafasan (ditandai dengan mulut yang sering terbuka, hasil googling), kami hanya memiliki satu buah kura-kura yaitu Mr. Big.

Mr. Big memiliki ukuran 6-7 cm, jauh lebih besar dari 3 kura-kura kami yang lainnya yaitu Showa, Zidah satu dan Zidah dua.  Semenjak mengalami kepergian tiga kura-kura tersebut, kami memelihara Big dengan ekstra.  Kami lebih sering mengganti air, mendisiplinkan menjemur di pagi hari, memberi makan rutin yaitu pagi dengan cacing beku dan sore dengan pelet kura yang kami beli di toko ikan.

Pelet kura ini memang jenis pakan kura yang praktis, aman dan mudah sekali ditemukan karena selalu tersedia di toko kebutuhan hewan atau pet shop.  Jika dibaca komposisinya ditemukan ada banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kura-kura.  Dari sekian banyak pelet kura membuat kami awalnya takut memberikan pelet yang salah, karena dari hasuil browsing di internet ternyata ada 2 jenis pelet kura-kura dengan bahan baku yang berbeda-beda.  Jenis bahan baku tumbuhan sangat cocok untuk kura herbivora dan jenis palet bahan baku cacing cocok bagi kura karnivora.

Kami memilih palet dengan bahan baku ikan, udang, cacing dan daging.  Mr Big menyukainya dan melahap pelet tersebut sampai habis.  Sepertinya Mr BIg memang tergolong kura karnivora karena Mr Big tidak pernah mau menyentuh makanan berupa sayur selama ini, saya memberikan potongan wortel, kangkung dan lain-lain tapi tidak pernah disentuhnya maka saya pikir Mr Big menyukai pelet dengan bahan baku cacing dan ikan.

Kami hanya memberi pelet sedikit demi sedikit, yahh tidak lebih dari 20 butir tetapi kami sering memberikannya.  Selain untuk memudahkan kami mengecek apakah dia memakan pelet yang kami berikan alasan lainnya adalah pelet dalam jumlah banyak dapat membuat air keruh dan menyebabkan penyakit bagi kura kura (banyak sumber yang kami baca). Jenis pakan pelet juga tidak boleh terlalu sering diberikan. Sebaiknya selingi pemberian makan pelet dengan jenis makanan yang lain.  Sehingga kami menyelingi dengan cacing beku yang juga bisa dibeli di toko hewan. 

pelet kura-kura yang kami berikan untuk Mr Big, saat makan siang dan sore seperti gambar dibawah ini.  Harga sebotol pellet kura dengan netto 110 gram ini adalah Rp. 10 000, 00 sangat murah.
makanan pellet kura-kura Brazil
pellet kura-kura
Untuk sarapan (wwkkk kaya manusia aja pakai istilah sarapan ya) maksudku makanan pagi setelah di jemur selama 15 menit di pagi hari diberi makan cacing beku.  Jenis cacing beku yang kami beli seperti gambar di bawah ini.  JCacing beku adalah nama jual untuk cacing darah atau Bloodworm yang memang sengaja dibekukan agar dapat disimpan lebih lama (konon katanya dapat disimpan dalam freezer sampai 5bulan). Sebelum diberikan kita buat mencair esnya dengan memasukkannya di air suhu ruang cukup.  Kalo kebiasaan kami memasukkan piece kotak kecil tersebut di akuarium ikan hahaha, cukup lima menit es akan mencair dan siap disajikan pada kura-kura kesayangan. 
cacing beku untuk makanan kura brazil
Cacing beku makanan kura
Setelah diamati semenjak Mr Big diberi makanan cacing beku bloodworm ini semakin terlihat stabil dan jauh lebih sehat.  Makanpun juga sangat lahap ketika diberikan  cacing beku bloodworm ini.  Ternyata Mr Big benar kura-kura karniora ya..

Artikel selanjutnya kita akan membahas khusus blood worm, apa sebenarnya bloodworm ini mengapa sangat disukai oleh kura-kura dan ikan hias yang kami punya, membuat merek bersemangat makan.


0 comments:

Post a Comment